Pengelola Program Studi S-2 Teknik Mesin

Ketua Prodi S-2

Sulistyo, Ph.D

Sekretaris Prodi S-2

Ojo Kurdi Ph.D

Visi, Misi dan Tujuan Prodi S-2

Latar Belakang

Program Studi Magister Teknik Mesin (MTM) Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang didirikan pada Bulan September 2007 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi  Departemen Pendidikan Republik Indonesia Nomor  2744/D/T/2007 tertanggal  14 September 2007. Sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2937/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016 tanggal 1 Desember 2016 Program Studi Magister Teknik Mesin Program Pascasarjana Universitas Diponegoro telah terakreditasi dan memperoleh nilai B (download akreditasi disini), dengan masa berlaku sampaidengan 1 Desember 2021.

VISI

Menjadi Program Magister Teknik Mesin Unggulan dan Terdepan dalam Lingkup Nasional dan Internasional pada Tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pascasarjana tingkat magister di bidang teknik mesin yang mempunyai keunggulan akademik maupun profesionalisme serta menjadi rujukan masyarakat.
  2. Menyelenggaran penelitian yang unggul dan mutakhir di bidang teknik mesin dan mendesiminasikan hasil-hasil penelitian di tingkat nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam negeri maupun di luar negeri dalam rangka meningkatkan kapasitas lembaga, sekaligus untuk memberikan kontribusi yang maksimal dalam penguasaan ilmu dan teknologi bidang teknik mesin di masyarakat.
  4. Melakukan evaluasi secara teratur untuk meningkatkan kualitas, profesionalitas, kapabilitas dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan program pendidikan magister teknik mesin.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan unggul dalam pengetahuan dan pemahaman ilmu teknik mesin di tingkat magister.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang unggul dan mampu mendesiminasikan di tingkat nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan jejaring kerjasama pendidikan dan penelitian di tingkat nasional dan internasional serta berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di masyarakat industri.
  4. Menghasilkan program pendidikan magister teknik mesin yang profesional, berkualitas dan akuntabel.

Program Magister Teknik Mesin Universitas Diponegoro memiliki enam spesialisasi kajian yang ditawarkan, yaitu:

  1. Spesialisasi Energi
  2. Spesialisasi Material
  3. Spesialisasi Perancangan Teknik
  4. Spesialisasi Perancangan dan Manufaktur
  5. Spesialisasi Mekatronika dan Robotika
  6. Spesialisasi Teknologi Perkapalan dan Otomotif


Penerimaan Mahasiswa S-2 (Klik disini)

Sistem dan Kurikulum

Sistem dan Kurikulum Magister Teknik Mesin Undip dapat dilihat pada link berikut. Sistem dan Kurikulum MTM Undp.