Pengelola Program Studi Doktor (S-3) Teknik Mesin

Ketua Prodi S-3

Dr. Eng. Achmad Widodo

Sekretaris Prodi S-3

Rusnaldy, Ph.D

VISI, MISI, dan TUJUAN PRODI DOKTOR (S-3)

Disiplin ilmu teknik mesin sangat diperlukan untuk pembangunan, kemajuan, dan perkembangan bangsa. Selain berperan dalam pengolahan sumber daya alam dan atau produk setengah jadi menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi dan nilai guna lebih tinggi, disiplin ilmu tekni mesin juga berperan dalam ekplorasi sumber daya alam itu sendiri.  Disiplin ilmu teknik mesin sangat berperan dalam membantu pencapaian masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang. Teknik Mesin merupakan cabang ilmu yang tidak bisa ditinggalkan dalam menuju sistem inovasi nasional dan peningkatan daya saing bangsa untuk perkembangan bangsa.

Melihat hal tersebut, maka mulai tahun 2014 Departemen Teknik Mesin mendapat mandat dari DIKTI untuk menyelenggarakan Program Studi Doktor Teknik Mesin.

VISI

DOKTOR TEKNIK MESIN UNDIP menjadi program Doktor Teknik Mesin unggulan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang aktif dalam memajukan dan meningkatkan derajat bangsa melalui penelitian-penelitian dasar maupun terapan Ilmu Teknik Mesin dan publikasi ilmiah internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Teknik Mesin secara terstruktur untuk menghasilkan DOKTOR yang mempunyai kompetensi pada bidang ilmu dan keahlian Teknik Mesin serta peka terhadap permasalahan industri,
    kesehatan dan lingkungannya.
  2. Mengembangkan penelitian yang terfokus pada bidang ilmu dan keahlian Teknik Mesin untuk kemajuan industri kecil, menengah maupun besar.
  3. Mengembangkan kerjasama dalam bidang ilmu dan keahlian Teknik Mesin dengan universitas dan lembaga penelitian lain maupun dunia industri baik skala nasional maupun internasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan DOKTOR TEKNIK MESIN yang mempunyai integritas keilmuan, martabat, dan kemandirian dalam mengembangkan ilmu dan keahlian Teknik Mesin.

  2. Menghasilkan publikasi internasional atau hak atas kekayaan intelektual yang terfokus pada ilmu dan keahlian Teknik Mesin yang senantiasa terjaga kemutakhirannya dengan mengedepankan sumberdaya lokal.

  3. Menghasilkan teknologi inovatif dan aplikatif yang mampu memberi nilai tambah dan keuntungan ekonomi dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal untuk kemajuan Industri mesin, logam maupun kesehatan.


Penerimaan Mahasiswa S-3 (Klik disini)

Sistem dan Kurikulum

Berikut ini merupakan kurikulum Program Studi Doktor Teknik Mesin Undip

  1. DAFTAR MATA KULIAH PENDUKUNG DISERTASI TEKNOLOGI MATERIAL
  2. DAFTAR MATA KULIAH PENDUKUNG DISERTASI TEKNOLOGI PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI
  3. DAFTAR MATA KULIAH PENDUKUNG DISERTASI: BIDANG KONSENTRASI TEKNIK PRODUKSI DAN MANUFAKTUR
  4. DAFTAR MATA PENDUKUNG DISERTASI TEKNOLOGI MEKATRONIKA DAN ROBOTIKA
  5. DAFTAR MATA KULIAH PENDUKUNG DISERTASI TEKNOLOGI ENERGI

Program Doktor Teknik Mesin Universitas Diponegoro memiliki lima area penelitian yang ditawarkan, yaitu:

  1. Teknologi Material
  2. Teknologi Perancangan dan Konstruksi
  3. Teknologi Konversi Energi
  4. Teknologi Produksi
  5. Teknologi Mekatronika dan Robotika