Gunakan Kecerdasan Buatan, Undip Ciptakan Lengan Robotik untuk Mudahkan Pekerjaan

Pekerjaan manusia yang tidak ada habisnya mendorong mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Dedy Mulianto dan Tanto Nugroho memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menciptakan lengan tambahan robotik yang dapat menjalankan aktivitas selayaknya tangan manusia. Di bawah bimbingan dosen Teknik Mesin Undip Mochammad Ariyanto, ST, MT; Dr. Eng. Munadi, ST, MT dan Joga Dharma Setiawan, BSc., MSc., PhD., keduanya merancang alat yang mampu memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Dilansir dari laman Undip, Senin (22/1/2018), keduanya mengaku terinspirasi dari tokoh Dr. Octopus dalam film Spiderman 2 yang memiliki tangan-tangan robotik dalam melancarkan aksinya.

“Cara kerjanya dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakkan sensor IMU (Inertial Measuring Unit) yang di letakkan pada lengan manusia arah roll atau pitch sehingga lengan akan mengikutinya, dan menggunakan flex sensor untuk mengontrol gerakkan soft gripper dalam menggenggam objek serta flex sensor digunakan untuk mengunci gerakan sehingga tangan manusia dapat bebas bergerak saat lengan robot bekerja,” jelas Dedy dan Tanto.

Kontrol gerak lengan robotik ciptaan dua mahasiswa ini terletak pada Neural Network, juga keammpuan membaca sensor IMU yang disisipkan pada kedua tangan pengguna guna menggerakkan lengan dan flex sensor yang terpasang pada jari kelingking. Benda ini lah yang akan menggerakkan soft robotic gripper. Mereka berharap, diciptakannya alat ini dapat membantu manusia melakukan aktivitas ganda pada saat yang bersamaan.

Sumber:

https://news.okezone.com/read/2018/01/18/65/1846780/terinspirasi-film-spiderman-mahasiswa-ciptakan-lengan-robotik-untuk-mudahkan-manusia