TOYOTA Berikan Alat Peraga Praktikum kepada Teknik Mesin Undip

Semarang-Bertempat di Gedung Departemen Teknik Industri Univeritas Diponegoro, PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali memberi sumbangsih kepada Departemen Teknik Industri dan Teknik Mesin Fakultas Teknik sebagai salah satu agenda “Monozukuri Project” wujud TOYOTA berbagi bersama membangun bangsa. Penyerahan dilaksanakan hari Jum’at tanggal 09 Maret 2018.

Bantuan PT TMMIN berupa alat peraga laboratorium berupa “1 paket Laboratorium Lean Manufacturing dan  1 paket Laboratorium Lean Production System” kepada Departemen Teknik Industri, dan alat peraga “Engine Test mobil Innova 1 TR” kepada Departemen Teknik Mesin. Penyerahan langsung diberikan oleh Presiden Direktur PT TMMIN  Warih Andang Tjahjono, didampingi Direktur Admin, Corporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam, Direktur Manufaktur Toermoedi, dan General Manager CSR Adjie Sapta, kepada Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum dan didampingi Dekan fakultas Teknik Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD, serta jajaran akademisi Undip.

Pemotongan pita bersama sebagai simbol mulai digunakannya lab bantuan dari PT. TMMIN.

Dalam sambutannya, Warih Andang menyampakain bahwa “kesenjangan antara kebutuhan industri dan SDM yang berpotensi dapat diatasi melalui keberadaan generasi muda yang menjadi elemen potensial bangsa Indonesia, sehingga kami berharap dengan adanya aktivitas donasi alat peraga pendidikan ini mahasiswa dapat mengenal dunia industri sesungguhnya. Semoga sinergi serta kerjasama dengan praktisi pendidikan dan akademisi professional ini dapat menjadi bekal pengalaman nyata bagi para mahasiswa ketika sudah lulus nanti.” Selain itu menurut Warih, alasan utama menjadikan Undip sebagai salah satu role model perguruan tinggi untuk program Toyota Berbagi Ilmu yaitu karena universitas ini menjadi salah satu dari 10 universitas terbaik berdasarkan penilaian Kemenristek Dikti pada 2017.

Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono saat melihat alat peraga bantuan dan hasil-hasil penelitian Departemen Teknik Mesin.

Selanjutnya alat peraga “Engine Test mobil Innova I TR” ini akan didistribusikan pada laboratorium Thermofluid dibawah Ketua Laboratorium Syaiful, ST, MT, Ph.D untuk menunjang ‘Praktikum Prestasi Mesin” pada modul “Motor Bakar Torak”. Sebelumnya, Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Diponegoro juga telah menerima bantuan sebuah mobil Fortuner yang digunakan untuk pendidikan dan penelitian. Mobil Fortuner ini telah diserahkan kepada Laboratorium Efisiensi dan Konservasi Energi dibawah arahan Dr. Ir Nazaruddin S., MS. Adapun pemanfaatan mobil Fortuner terkait untuk pendidikan antara lain berguna :

  1. Sebagai pendukung dan merupakan bagian dari mata kuliah Motor Bakar Torak. Berisi penjelasan dan peraga kepada mahasiswa tentang :
  2. Mesin diesel serta bagian-bagian kendaraan secara keseluruhan
  3. Sistem kerja mesin diesel common rail dan sistem bahan bakar, sistem kerja electronic control unit (ECU), sistem turbo charger, sistem transmisi, sistem pengkondisian udara (AC);
  4. Cara pengukuran parameter-parameter operasi kendaraan dan mencari sumber kerusakan, cara pengukuran torsi, daya, dan analisis gas buang;
  5. Cara pengukuran konsumsi bahan bakar dengan menggunakan driving cycle, dan penjelasan pengaruh posisi gigi dan kecepatan kendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar;
  1. Sebagai objek tugas dalam mata kuliah Mekanika Fluida II dan Perpindahan Panas II, antara lain untuk:
    1. Menganalisis dan melakukan perhitungan aliran di dalam saluran udara dengan menggunakan metoda Computational Fluid Dynamics (CFD);
    2. Menganalisis sensor Mass Air Flow (MAF) dengan menggunakan metoda CFD;
    3. Menganalisis sistem turbo-charged dengan menggunakan metoda CFD;
    4. Menganalisis sistem pendingin mesin (radiator) dengan menggunakan metoda CFD;
    5. Menganalisis sistem pendingin mesin udara kabin kendaraan dengan menggunakan metoda CFD;

Adapun terkait untuk penelitian, antara lain sebagai objek dalam penelitian Tugas Akhir mahasiswa dan penelitian dosen dengan topik:

  1. Merancang dan membuat dynamometer kapasitas sedang dan kapasitas besar;
  2. Merancang dan membuat dyno controller dan auto-throttle yang akan dipakai dalam pengujian menggunakan dyno;
  3. Riset pembuatan alat penambah akselerasi dan penghemat bahan bakar;
  4. Riset utk mencari kondisi operasi kendaraan hemat energi;
  5. Riset untuk konversi duel fuel: solar-LPG, solar-CNG, solar-methanol, dan solar-ethanol.

Mahasiswa sedang melakukan pendalaman materi kuliah dengan alat peraga mobil Fortuner. (mnd).